Nasab Sunam gunung jati Rd.Syarief Hidayatulloh Cirebon
1.Nabi besar Rasululloh Muhammad Saw.
2. Sayyidah Fatimah Az Zahra+Sayyidina Ali
3. Sayyidina Hussein As Sibthi
4. Syarif Ali Zainal Abidin
5. Syarif Muhammad Al Baqir
6. Syarif Ja’far As Shodiq
7. Syarif Musa Al Kadzim
8. Syarif Ali Ar Ridho
9. Syarif Muhammad At Taqi
10. Syarif Ali An Naqi
11. Syarif Hasan Al Askari
12. Syarif Muhammad Al Mahdi
13. Syarif Ali
14. Syarif isa
15. Syarif Yahya (Uzbekistan)
16. Syarif Abdullah
17. Syarif Ahmad
18. Syarif Jalaludin
19. Syarif Ahmad Jumadil Kubro
20. Syarif Ali Nurul Alam
21. Syarif Abdullah Umdatudin + Rara Santang (Syarifah Mudaim) binti Prabu Siliwangi Raja Pajajaran
โข22. Syarif Hidayatullah (Sunan Gunung Jati/Syekh.
๐ฅ๐ถ๐๐ฎ๐๐ฎ๐ ๐๐ฎ๐ป๐ท๐ฒ๐ป๐ด ๐ฆ๐๐ฎ๐ฟ๐ถ๐ณ ๐๐ถ๐ฑ๐ฎ๐๐ฎ๐๐๐น๐น๐ผ๐ต
====== SUNAN GUNUNG JATI ======
Sunan Gunung Jati lahir di Makkah al-Mukarromah dengan nama Syarif Hidayatullah tahun 1448 Masehi. Ibunya bernama Nyai Rara Santang binti Prabu Siliwangi. Nyai Rara Santang pergi haji ke Makkah bersama kakaknya Pangeran Cakrabuana. Selama tinggal di Makkah ia nyantri di Syaikh Bayanullah, adik Syaikh Datuk Kahfi. Syaikh Datuk Kahfi adalah ulama asal Makkah yang menyebarkan Islam di Cirebon. Nyai Rara Santang dan Kakaknya berguru kepadanya, dan gurunya tersebut yang memerintahkannya untuk segera menunaikan ibadah haji ke Makkah bersama kakaknya, Pangeran Cakrabuana.
Di Makkah, Nyai Rara Santang menikah dengan Syarif Abdullah al-Hasyimi yang kemudian setelah menjadi sultan bergelar Sultan Maulana Mahmud al-Hasyimi. Ia menguasai wilayah Bani Ismail di Mesir dan Bani israil di Palestina. Nyai Rara Santang kemudian mendapat nama baru Syarifah Mudaโim dan tinggal di Mesir bersama suami dan anaknya.
Ketika berumur dua puluh tahun, Syarif Hidayatullah pergi ke Makkah dan nyantri di ulama-ulama Makkah. Setelah itu ia pergi ke Nusantara. Ia mampir di Gujarat, lalu ke Kerajaan Samudra Pasai. Di Pasai ia nyantri di Sayyid Maulana Ishak. Dari Pasai ia berlayar menuju Banten. Dari Banten kemudian menuju Surabaya untuk nyantri di Sunan Ampel. Setelah beberapa lama barulah ia diperintahkan menemani pamannya di Cirebon untuk menyebarkan agama Islam. Ia membangun pesantren di daerah Gunung Jati. Kemudian ia dikenal dengan nama Sunan Gunung Jati.
Tiga paragrap di atas, adalah kisah Sunan Gunung Jati yang penulis ambil dari manuskrip Carita Purwaka Caruban Nagari dari mulai pupuh dua belas sampai tujuh belas. Manuskrip Carita Purawaka Caruban nagari adalah sebuah kitab yang ditulis oleh Pangeran Arya Cirebon pada tahun 1720. Dalam manuskrip tersebut pula tercantum salah satu versi silsilah Sunan Gunung Jati.
๐ฆ๐๐๐ฆ๐๐๐๐ ๐ฆ๐จ๐ก๐๐ก ๐๐จ๐ก๐จ๐ก๐ ๐๐๐ง๐
Telah dilaksanakan pertemuan musyawarah keturunan Sunan Gunung Jati di Pesantren Benda Kerep Cirebon Hari Ahad tanggal 30 Juli 2023. Dalam musyawarah itu dibahas tentang silsilah Sunan Gunung Jati. Setelah diskusi dari mulai pagi sampai adzan magrib, ditetapkanlah bahwa Sunan Gunung Jati bersilsilah kepada Nabi Muhammad Saw melalui jalur Sayyid Musa al-Kadzim.
Pertemuan itu dihadiri oleh perwakilan keturunan Sunan Gunung Jati dari Banten dan Cirebon juga para pengurus dari Naqobah Ansab Awliya Tisโah (NAAT). Selain penulis (H. Imaduddin Utsman al-Bantani), diantara yang hadir adalah: KH. Muayyad (Benda Kerep), KH. Abdurrahman (Benda Kerep), KH. Muhammad (Benda Kerep), KH. Ahmad Hassan (Benda Kerep), Tb. Mogy Nurfadil Satya (Banten), R. Noval Saefullah (Benda Kerep), Farihin (Pustakawan Kanoman), P. Fahri Mertasinga, Gus Alizein (Benda Kerep), KH. Ilzamuddin (Ketua NAAT), KH. Abdul Hannan (NAAT), K. Zabidi (NAAT), Gus Islah (NAAT), P. Panji Yasin (trah Hamengkubuwono), KRT. Fakih Wirahadiningrat (trah Hamengkubowono), H. Erwin (Forsil Walisongo), Tengku Muda Qori (Aceh), dan sebagainya. Peserta yang hadir diperkirakan lebih dari seratus orang.
Ada beberapa peserta yang hadir namun tidak disebutkan karena tidak mengikuti acara musyawarah sampai selesai, baik dari Banten maupun Cirebon, sehingga tidak ikut dalam pengambilan keputusan.
Dalam musyawarah di Benda Kerep tersebut, masing-masing peserta memperlihatkan manuskrip yang dimiliki untuk mendukung pendapatnya. Sebagian mereka menyatakan berdasarkan manuskrip yang dimiliki bahwa silsilah Sunan Gunung Jati adalah melalui Sayyid Musa al-Kadzim. Sebagian lagi, menyatakan versi Ba Alawi melalui Ali al-Uraidi. Setelah diadakan muqobalah antar manuskrip, maka dinyatakan bahwa silsilah Sunan Gunung Jati yang kuat adalah melalui Sayyid Musa al-Kadzim. Sedang versi melalui Ba Alawi adalah lemah. Keputusan itu dibacakan oleh KH. Ahmad Hassan dari Benda Kerep.
Dalam pertemuan itu, karena keterbatasan waktu, belum disusun kronik silsilah Sunan Gunung Jati berdasarkan manuskrip yang ditemukan. Maka penulis dan Tb. Mogy Nurfadil berinisiasi mengumpulkan kembali para keturunan Sunan Gunung Jati untuk menginvertarisir berbagai manuskrip yang waktu musyawarah itu dijadikan bahan referensi. Maka disepakatilah tempat di Bekasi, agar dari Banten dan Cirebon tidak terlalu jauh.
Pada hari Ahad 3 September 2023 diadakan pertemuan di rumah KH. Rohimuddin Nawawi dihadiri oleh: Penulis (Imaduddin Utsman al-Bantani), KH. Rohimuddin Nawawi (tuan rumah), KH. Ahmad Hasan (Benda Kerep), KH. Thobari Sazili (Banten), Tb. Mogy Nurfadil (Banten), Tb. Imamuddin (Banten), Tb. Imam Ibrahim (Banten), Tb. Soleh (Banten), Noval Saefullah (Benda Kerep), Tengku Muda Qori (Aceh), Lutfi Abdul Gani (Banten), Kang Gina (Banten), R. Suprio (Banten), Abdurrahman (Bekasi) dan lain-lain.
Dalam pertemuan itu, penulis memimpin inventarisir manuskrip per-manuskrip, masing-masing menunjukan manuskripnya. Dan terkumpul 7 manuskrip. Satu manuskrip dieliminir karena hanya menceritakan tentang Sunan Giri. Enam lainnya yang menyatakan bahwa Sunan Gunung Jati adalah keturunan Nabi Muhammad Saw melalui jalur Sayyid Musa al-Kadzim. Dari salah satu manuskrip itu ada 6 riwayat yang disebutkan. Jadi seluruh riwayat Musa al-Kadzim menjadi sebelas riwayat. Adapun ke-enam manuskrip itu adalah:
๐ ๐ฎ๐ป๐๐๐ธ๐ฟ๐ถ๐ฝ ๐๐ฎ๐ป๐ด๐ธ๐ฎ๐น๐ฎ๐ป (๐ง๐ฎ๐ต๐๐ป ๐ญ๐ฒ๐ฎ๐ฐ ๐ )
Manuskrip Bangkalan ini selesai ditulis hari kamis 12 Dzulhijjah 1033 H atau 24 September 1624. Didalamnya ada silsilah Sunan Bonang sampai kepada Nabi Muhammad SAW. Sunan Bonang adalah putra dari Sunan Ampel. Sunan Ampel dan Sunan Gunung Jati sama-sama keturunan Syekh Jumadil Kubro. Dalam manuskrip Bangkalan ini disebutkan silsilah Sunan Bonang sampai Rasulullah melalui Sayidina Husain. Disebut pula nama-nama yang menunjukan bahwa silsilah ini melalui jalur Sayyid Musa al-kadzim seperti nama Ali al-Naqiy, al-Rido. Sama dengan kebiasaan manuskrip Nusantara lainnya, dalam menulis silsilah, manuskrip Bangkalan ini tidak lengkap secara berurut. Tetapi kadang kala di loncat-loncat seperti menyebut anak langsung ke kakek tanpa menyebut ayah.
๐ ๐ฎ๐ป๐๐๐ธ๐ฟ๐ถ๐ฝ ๐ง๐ฎ๐ฝ๐ฎ๐น ๐๐๐ฑ๐ฎ (๐ง๐ฎ๐ต๐๐ป ๐ญ๐ฒ๐ฑ๐ฌ ๐ )
Manuskrip Tapal Kuda ini menjelaskan tentang silsilah isteri dari Syekh Ibrohim Asmoro melalui Syekh Jumadil Kubro. Dijelaskan bahwa silsilah Syekh Jumadil Kubro adalah dari Zainal Abidin, dari Jaโfar Shadiq yang berputra Musa. Terus dilanjut secara tidak tertib silsilah sampai kepada Syaikh Jumadil Kubro dan isteri Syaikh Ibrahim Asmoro. Silsilah dalam manuskrip ini tidak tertib seperti yang seharusnya dikenal dalam kitab-kitab nasab muโtabaroh. Yang demikian itu kebiasaan manuskrip-manuskrip nusantara dalam menulis silsilah. Kemungkinan besar adanya salah penempatan antara nama dan gelar; terbalik antara nama ayah dan anak-pun sering terjadi. Namun manuskrip ini telah tegas menyebut silsilah Jumadil Kubro kepada Sayyid Musa Al-Kadzim.
๐ ๐ฎ๐ป๐๐๐ธ๐ฟ๐ถ๐ฝ ๐ฃ๐ฎ๐บ๐ฒ๐ธ๐ฎ๐๐ฎ๐ป (๐ง๐ฎ๐ต๐๐ป ๐ญ๐ณ๐ฌ๐ฌ ๐ )
Manuskrip Pamekasan tahun 1700 Masehi ini nampaknya adalah salinan dari manuskrip Tapal Kuda tahun 1650 M. Menjelaskan tentang silsilah isteri dari Syekh Ibrohim Asmoro melalui Syekh Jumadil Kubro. Dijelaskan bahwa silsilah Syekh Jumadil Kubro adalah dari Zainal Abidin, dari Jaโfar Shadiq yang berputra Musa.
๐ ๐ฎ๐ป๐๐๐ธ๐ฟ๐ถ๐ฝ ๐ฆ๐๐ฒ๐ธ๐ต ๐๐ฎ๐๐ฎ๐ป ๐ ๐๐ต๐๐ถ (๐ง๐ฎ๐ต๐๐ป ๐ญ๐ณ๐ด๐ณ ๐ )
Manuskrip Syekh Hasan Muhyi tahun 1787 M ini menerangkan tentang silsilah Nabi Muhammad Saw dari Nabi Muhammad Saw melalui Sayyid Musa al-Kadzim. Dalam manuskrip itu terjadi distorsi ketika Kadzim disebut sebagai anak dari Musa, padahal al-Kadzim adalah merupakan gelar dari Musa. Juga terjadi distorsi ketika menyebut nama Muhammad Mubarak, seharusnya Muhammad al-Baqir. Namun dengan itu semua, manuskrip ini mtegas menyebut silsilah Sunan Gunung Jati. Walau nama Sunan Gunung Jati tidak disebut lengkap, hanya ditulis Kangjeng Sunan, tetapi dapat diketahui bahwa yang dimaksud itu adalah Sunan Gunung Jati Karena ada nama Ratu bani Israil dan raja Mesir. Dimana dapat dikonfirmasi dari sumber lain bahwa silsilah Sunan Gunung Jati ke atas ada dua nama tersebut.
๐๐๐ฎ๐น-๐จ๐๐๐น ๐๐ฒ๐๐๐น๐๐ฎ๐ป๐ฎ๐ป ๐๐ถ๐ฟ๐ฒ๐ฏ๐ผ๐ป (๐ง๐ฎ๐ต๐๐ป ๐ญ๐ด๐ฌ๐ต ๐ )
Dalam manuskrip ini disebutkan silsilah Sunan Gunung Jati melalui Musa al-Kadzim. Dalam manuskrip ini disebutkan nama Sunan Gunung Jati sebagai Kangjeng Sinuhun Carbon.
๐ง๐ถ๐ป๐ท๐ฎ๐๐ฎ๐ป ๐๐ฟ๐ถ๐๐ถ๐ ๐ฆ๐ฎ๐ท๐ฎ๐ฟ๐ฎ๐ต ๐๐ฎ๐ป๐๐ฒ๐ป (๐ง๐ฎ๐ต๐๐ป ๐ญ๐ต๐ญ๐ฏ ๐ )
Tinjauan Kritis Sejarah Banten, adalah buku yang berasal dari desertasi Prof. Husein Djayadiningrat. Dalam buku ini disebutkan enam versi silsilah Sunan Gunung Jati (Syarif Hidayatulloh) yang diambil dari sumber-sumber tua diantaranya: Daftar Raja-raja Banten dari Priangan, Sejarah Banten Rante-Rante, Abdulkahar, Sejarah Para Wali (Jawa), Sejarah Para Wali (Sunda) dan Wawacan Sunan Gunung Jati. Dari enam versi itu lima menyebut Jumadil Kubro, dan satu tidak. Menariknya, yang tidak menyebut Jumadil Kubro justru menyebut nama Musa al-kadzim. Namun dari enam versi itu terkonfirmasi semuanya melalui jalur Musa al-Kadzim, karena dalam manuskrip tertua tahun 1624 yaitu manuskrip Bangkalan, dan manuskrip tapal kuda tahun 1650 yang telah disebutkan di atas, Jumadil Kubro adalah keturunan Musa al-kadzim.
Enam manuskrip di atas, sangat kuat menunjukan bahwa ๐ฆ๐จ๐ก๐๐ก ๐๐จ๐ก๐จ๐ก๐ ๐๐๐ง๐ ๐ฆ๐ฌ๐๐๐ ๐ฆ๐ฌ๐๐ฅ๐๐ ๐๐๐๐๐ฌ๐๐ง๐จ๐๐๐ข๐ ๐บ๐ฒ๐ฟ๐๐ฝ๐ฎ๐ธ๐ฎ๐ป ๐ธ๐ฒ๐๐๐ฟ๐๐ป๐ฎ๐ป ๐ก๐ฎ๐ฏ๐ถ ๐ ๐๐ต๐ฎ๐บ๐บ๐ฎ๐ฑ ๐ฆ๐ฎ๐ ๐ฑ๐ฎ๐ฟ๐ถ ๐ท๐ฎ๐น๐๐ฟ ๐ ๐จ๐ฆ๐ ๐๐-๐๐๐๐ญ๐๐ .
Sedangkan jika silsilah Sunan Gunung Jati melalui jalur Ba Alawi kepada Nabi Muhammad Saw itu hanya ada dalam dua manuskrip, yang pertama terdapat dalam manuskrip Negarakretabhumi yang baru ditemukan pada tahun 1970. Manuskrip itu berangka penulisan tahun 1698 M, tetapi para ahli filologi meragukannya. Para ahli memperkirakan bahwa naskah ini palsu dan ditulis baru pada tahun 1960 M. Kertas manuskrip ini diolah sedemikian rupa sehingga nampak tua, namun ketika disentuh dengan jari berludah dan ditekan, warna ketuaannya luntur dan kertas ini ternyata ditulis di atas kertas manila, yaitu kertas yang hari ini diproduksi.
Manuskrip kedua yang mengkesankan bahwa silsilah Sunan Gunung Jati ke Ba Alawi adalah manuskrip Carita Purwaka Caruban Nagari. Naskah ini ditulis tahun 1720 M. Dalam naskah itu terdapat silsilah Sunan Gunung Jati melalui Jaโfar al-Shadiq. Dari Jaโfar al-Shadiq ke bawah ada yang aneh, yaitu ketika disebut anak Jaโfar adalah Kasim al-Malik, atau ada yang membaca Kasim al-Manik. Nama ini jelas bukan Ali al-Uraidi bin Jaโfar Shadiq sebagaimana silsilah Ba Alawi diakui keluarga Ba Alawi. Nama Kasim al-Malik, lebih dekat ke Musa al-Kadzim bin Jaโfar al-Shadiq. Namun, di bawah nama Kasim al-Malik ada dua nama yang tidak masuk daftar lazimnya silsilah Musa al-Kadzim juga tidak masuk lazimnya silsilah Ba Alawi yaitu: Idris dan Al-Bakir. Selanjutnya ada nama Ahmad sebagai anak al-Bakir dan Ahmad mempunyai anak Baidillah. Dua nama ini memang mirip sebagaimana pengakuan Ba Alawi bahwa Ubaidillah anak Ahmad. Kemudian Baidillah mempunyai anak Muhammad. Ini tidak sama dengan silsilah Ba Alawi di mana Ubaidillah mempunyai anak bernama Alawi. Justru nama Alwi kemudian disebut setelah Muhammad.
Dari sini, Naskah Carita Purwaka Caruban Nagari ini tidak bisa dijadikan dalil bahwa Sunan Gunung jati keturunan Ba Alawi, karena dalam naskah ini pula disebut nama Kasim al-Malik yang lebih mirip dengan nama Musa al-Kadzim daripada Ali al-Uraidi (maka Ambigu). Bahkan tokoh nasab kalangan Ba Alawi-pun, seperti Alidin Assegaf, menolak nasab Sunan Gunung Jati dan Wali Songo lainnya, dan menganggapnya sebagai nasab yang hanya ditulis sejarawan, bukan ahli nasab.
Dari semua penjelasan tersebut diatas, maka ๐๐๐๐จ๐๐ง๐๐ก ๐ฆ๐๐๐ฆ๐๐๐๐ ๐ฆ๐๐ป๐ฎ๐ป ๐๐๐ป๐๐ป๐ด ๐๐ฎ๐๐ถ ๐บ๐ฒ๐น๐ฎ๐น๐๐ถ ๐ท๐ฎ๐น๐๐ฟ ๐ ๐๐๐ฎ ๐ฎ๐น-๐๐ฎ๐ฑ๐๐ถ๐บ ๐๐๐ฃ๐๐ฅ๐๐จ๐๐ง ๐ผ๐น๐ฒ๐ต ๐ฆ๐๐๐๐๐๐ฆ ๐ฅ๐๐ช๐๐ฌ๐๐ง ๐ฆ๐๐๐ฆ๐๐๐๐ ๐บ๐๐น๐ฎ๐ถ ๐ฑ๐ฎ๐ฟ๐ถ ๐๐ฎ๐ต๐๐ป ๐ญ๐ฒ๐ฎ๐ฐ-๐ญ๐ต๐ญ๐ฏ ๐ . Sementara “๐๐ฒ๐ฟ๐๐ถ ๐๐ฎ ๐๐น๐ฎ๐๐ถ ๐๐ฒ๐ฟ๐๐๐น๐ถ๐ hanya ๐ฑ๐ฎ๐น๐ฎ๐บ ๐ฑ๐๐ฎ ๐ป๐ฎ๐๐ธ๐ฎ๐ต, dan itu pun ๐๐๐ฎ๐๐๐๐ป๐๐ฎ ๐ฏ๐ฒ๐ฟ๐บ๐ฎ๐๐ฎ๐น๐ฎ๐ต”; ๐ฃ๐๐ฅ๐ง๐๐ ๐, Pustaka Negarakretabhumi yang dianggap palsu oleh para pakar Sejarahwan Nasional; ๐๐๐๐จ๐, Naskah Carita Purwaka Caruban Nagari, naskah yang statusnya Ambigu (bermakna ganda) antara ke Musa al-Kadzim dan Ba Alawi.
Jika dihitung, maka perbandingannya adalah ๐ฆ๐๐๐๐๐๐ฆ ๐ฆ๐๐ง๐๐ก๐๐๐ (11,5) riwayat melawan ๐ฆ๐๐ง๐๐ก๐๐๐ (0,5) riwayat saja. Dilihat dari sisi umur manuskrip, ๐ ๐๐ก๐จ๐ฆ๐๐ฅ๐๐ฃ ๐ฉ๐๐ฅ๐ฆ๐ ๐ ๐จ๐ฆ๐ ๐๐-๐๐๐๐ญ๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐ง๐จ๐ dari versi yang ambigu sekalipun. Manuskrip itu sekarang salinannya ada di penulis. Jika suatu hari dibutuhkan manuskrip itu dapat ditampilkan.
๐ฆ๐๐บ๐ฏ๐ฒ๐ฟ ๐๐๐น๐ถ๐๐ฎ๐ป :
Mang IMAD Cempaka,
Santri Abuya Muhtadi bin Abuya Dimyati Cidahu, Banten.