Sosok yg Menjadi Perantara Bertemunya Peradaban Nusantara Dan Dunia Arab Pada Zaman Wali Songo Adalah Ahmad Ibnu Majid

Sosok yg Menjadi Perantara Bertemunya Peradaban Nusantara Dan Dunia Arab Pada Zaman Wali Songo Adalah Ahmad Ibnu Majid


______________
Nama beliau adalah Shihab al-Din Ahmad ibn Majid.
lahir di kota Julfar, terletak di Teluk Arab . Di pantai selatannya di Emirat Ras Al Khaimah, sebagian besar ahli sejarah sepakat bahwa ia dilahirkan pada tahun 1432 M – 836 H. Banyak julukan yang diberikan kepada Ibnu Majid, seperti: Majid si Turis dan Singa Laut yang Mengamuk. tidak ada informasi akurat mengenai tanggal kematiannya, namun diperkirakan setelah Tahun 904 H.
Ayah Ibnu Majid adalah seorang pelaut yang terkenal, dan ia disebut sebagai nahkoda dua pilar . pengalamannya ia tuliskan dalam buku berjudul Al-Arjuza Al-Hijaziyya yang didalamnya terdapat lebih dari 1.000 ayat tentang navigasi maritim di Laut Merah.
Ahmad Ibnu Majid mempunyai Kemasyhuran di pantai timur Afrika . Karena seringnya melakukan perjalanan ke sana, ia bertemu dengan pelaut Portugis Vasco de Gama pada tahun 1498 M di dekat pantai Malabar di wilayah Malindi, dan misi de Gama adalah menemukan jalan ke India. Untuk memperoleh bumbu dan bumbu, Ibnu Majid dikenal di wilayah Malabar sebagai Kanaka; Artinya, orang yang mempunyai pengalaman di bidang astronomi dan pelayaran, dan De Gama mampu meyakinkan Ahmed bin Majid. Untuk memimpin kapal Portugis di Samudera Hindia, ia mampu mencapai Kalkuta pada tahun 1498 Masehi
Ibnu Majid yang dianggap sebagai salah satu navigator kelautan paling penting dan terkenal pada abad ke-15 M, banyak berjasa menulis karya tentang laut, navigasi, dan ilmu-ilmunya.Para orientalis menemukan karya-karyanya pada abad ke-20 M.
Ibnu Majid juga menggambar banyak peta kelautan dan melakukan banyak perjalanan ke Afrika Timur , India , dan Asia Tenggara , dan mungkin telah mencapai Tiongkok .
Beliau adalah penemu kompas , yang ia sebut “Al-Haqqa,” seperti yang ia sebutkan dalam bukunya “Al-Fawa’id”.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *