TAWASUL DAN TABARUK HUKUMNYA BOLEH, BUKAN SYIRIK.

TAWASUL DAN TABARUK HUKUMNYA BOLEH, BUKAN SYIRIK.
Mari kita cermati baik-baik masalah yang menjadi BAHAS TUDUH MENUDUH wahabi terkait tawasul dan tabaruk.
Mayoritas umat islam dunia dan
Ulama Ahlussunnah Wal Jama’ah membolehkan tawasul, tabarruk di makam Nabi dan wali atau suhada.tentu bukan asal asalan tetapi byk dalil sumber memperbolehkan hal itu. saya ambil beberapa contoh saja agar tdk terlalu panjang bahasanya.
Cermati dalil dalil sebagai berikut :
Dalil 1.
Al quranul karim:
ﻭَﻟَﻮْ ﺃَﻧَّﻬُﻢْ ﺇِﺫْ ﻇَﻠَﻤُﻮﺍ ﺃَﻧْﻔُﺴَﻬُﻢْ ﺟَﺎﺀُﻭﻙَ ﻓَﺎﺳْﺘَﻐْﻔَﺮُﻭﺍ ﺍﻟﻠﻪَ ﻭَﺍﺳْﺘَﻐْﻔَﺮَ ﻟَﻬُﻢُ ﺍﻟﺮَّﺳُﻮﻝُ ﻟَﻮَﺟَﺪُﻭﺍ ﺍﻟﻠﻪَﺗَﻮَّﺍﺑًﺎ ﺭَﺣِﻴﻤًﺎ ‏(64)
“Sesungguhnya jikalau mereka ketika menganiaya dirinya datang kepadamu, lalu memohon ampun kepada Allah, dan rasulpun memohonkan ampun untuk mereka, tentulah mereka mendapati Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang”. (QS. al-Nisa’ : 64).
Komentar Al-Hafizh Ibn Katsir, ketika menafsirkan ayat tersebut berkata:
ﻭَﻗَﺪْ ﺫَﻛَﺮَ ﺟَﻤَﺎﻋَﺔٌ ﻣِﻨْﻬُﻢْ ﺍﻟﺸَّﻴْﺦُ ﺃَﺑُﻮْ ﻧَﺼْﺮٍ ﺑْﻦِ ﺍﻟﺼَّﺒَّﺎﻍِ ﻓِﻲْ ﻛِﺘَﺎﺑِﻪِ ﺍﻟﺸَّﺎﻣِﻞِ ﺍﻟْﺤِﻜَﺎﻳَﺔَ ﺍﻟْﻤَﺸْﻬُﻮْﺭَﺓَ ﻋَﻦِﺍﻟْﻌُﺘْﺒِﻲِّ ﻗَﺎﻝَ : ﻛُﻨْﺖُ ﺟَﺎﻟِﺴًﺎ ﻋِﻨْﺪَ ﻗَﺒْﺮِ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲِّ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻓَﺠَﺎﺀَ ﺃَﻋْﺮَﺍﺑِﻲٌّ ﻓَﻘَﺎﻝَ:ﺍﻟﺴَّﻼﻡُ ﻋَﻠَﻴْﻚَ ﻳَﺎ ﺭَﺳُﻮْﻝَﺍﻟﻠﻪِﺳَﻤِﻌْﺖُ ﺍﻟﻠﻪَ ﻳَﻘُﻮْﻝُ ‏(ﻭَﻟَﻮْﺃَﻧَّﻬُﻢْﺇِﺫْﻇَﻠَﻤُﻮْﺍﺃَﻧْﻔُﺴَﻬُﻢْﺟَﺎﺅُﻭْﻙَﻓَﺎﺳْﺘَﻐْﻔَﺮُﻭﺍ ﺍﻟﻠﻪَ ﻭَﺍﺳْﺘَﻐْﻔَﺮَ ﻟَﻬُﻢُ ﺍﻟﺮَّﺳُﻮْﻝُ ﻟَﻮَﺟَﺪُﻭﺍ ﺍﻟﻠﻪَ ﺗَﻮَّﺍﺑﺎً ﺭَﺣِﻴْﻤﺎً ‏) ﻭَﻗَﺪْ ﺟِﺌْﺘُﻚَ ﻣُﺴْﺘَﻐْﻔِﺮًﺍﻟِﺬَﻧْﺒِﻲْ ﻣُﺴْﺘَﺸْﻔِﻌًﺎ ﺑِﻚَ ﺇِﻟَﻰ ﺭَﺑِّﻲْ ﺛُﻢَّ ﺃَﻧْﺸَﺄَ ﻳَﻘُﻮْﻝُ:ﻳَﺎ ﺧَﻴْﺮَ ﻣَﻦْ ﺩُﻓِﻨَﺖْ ﺑِﺎﻟْﻘَﺎﻉِ ﺃَﻋْﻈُﻤُﻪُ ﻓَﻄَﺎﺏَ ﻣِﻦْ ﻃِﻴْﺒِﻬِﻦَّ ﺍﻟْﻘَﺎﻉُ ﻭَﺍْﻷَﻛَﻢُﻧَﻔْﺴِﻲ ﺍﻟْﻔِﺪَﺍﺀُ ﻟِﻘَﺒْﺮٍ ﺃَﻧْﺖَ ﺳَـﺎﻛِﻨُﻪُ ﻓِﻴْﻪِ ﺍﻟْﻌَـﻔَﺎﻑُ ﻭَﻓِﻴْﻪِ ﺍﻟْﺠُﻮْﺩُ ﻭَﺍﻟْﻜَﺮَﻡُﺛُﻢَّ ﺍﻧْﺼَﺮَﻑَ ﺍْﻷَﻋْﺮَﺍﺑِﻲُّ ﻓَﻐَﻠَﺒَﺘْﻨِﻲْ ﻋَﻴْﻨِﻲْ ﻓَﺮَﺃَﻳْﺖُ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲَّ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻓِﻲ ﺍﻟﻨَّﻮْﻡِ ﻓَﻘَﺎﻝَ ﻳَﺎﻋُﺘْﺒِﻲُّ ﺍِﻟْﺤَﻖِ ﺍْﻷَﻋْﺮَﺍﺑِﻲَّ ﻓَﺒَﺸِّﺮْﻩُ ﺃَﻥَّ ﺍﻟﻠﻪَ ﻗَﺪْ ﻏَﻔَﺮَ ﻟَﻪُﺍﻧﺘﻬﻰ ،
“Banyak ulama menyebutkan seperti al-Imam Abu Manshur al-Shabbagh dalam al-Syamil, cerita yang populer dari al-‘Utbi. Beliau berkata:
“Aku duduk di samping makam Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, kemudian datang seorang a’rabi dan berkata: “Salam sejahtera atasmu ya Rasulullah. Aku mendengar Allah berfirman:
“Sesungguhnya jikalau mereka ketika menganiaya dirinya datang kepadamu, lalu memohon ampun kepada Allah, dan rasulpun memohonkan ampun untuk mereka, tentulah
mereka mendapati Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang”. (QS. al-Nisa’: 64).
Aku datang kepadamu dengan memohon ampun karena dosaku dan memohon pertolonganmu kepada Tuhanku”.
Kemudian ia mengucapkan syair:
Wahai sebaik-baik orang yang jasadnya disemayamkan di tanah ini Sehingga semerbaklah tanah dan bukit karena jasadmu
Jiwaku sebagai penebus bagi tanah tempat persemayamanmu Disana terdapat kesucian, kemurahan dan kemuliaan Kemudian a’rabi itu pergi. Kemudian aku tertidur dan bermimpi bertemu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam
dan beliau berkata: “Wahai ‘Utbi, kejarlah si a’rabi tadi, sampaikan berita gembira kepadanya, bahwa Allah telah mengampuni dosanya”. (Al-Hafizh Ibn Katsir, Tafsir al- Qur’an al-‘Azhim, 1/492).
Kisah al-‘Utbi ini juga diriwayatkan oleh al-Imam al-Nawawi dalam al-Idhah fi Manasik al-Hajj (hal. 498), Ibn Qudamah al-Maqdisi al-Hanbali dalam al-Mughni (3/556),Abu al-Faraj Ibn Qudamah dalam al-Syarh al-Kabir (3/495), al-Syaikh al-Buhuti dalam Kasysyaf al-
Qina’ (5/30) dan lain-lain.
Keterangan tersebut,memberikan kesimpulan bahwa ketika kita punya hajat,seperti ingin diampuni oleh Allah atau hajat lainnya, maka kita melakukan ziarah ke makam Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, para wali dan orang-orang shaleh, lalu kita berdoa di sana.
Dalil 2.
Riwayat dari Aisyah Istri Rasulullah
ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﺃَﺑُﻮْ ﺍﻟﻨُّﻌْﻤَﺎﻥِ ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﺳَﻌِﻴْﺪُ ﺑْﻦُ ﺯَﻳْﺪٍ ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﻋَﻤْﺮُﻭ ﺑْﻦُ ﻣَﺎﻟِﻚٍ ﺍﻟﻨُّﻜْﺮِﻱ ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﺃَﻭْﺱُ ﺑْﻦُ ﻋَﺒْﺪِﺍﻟﻠﻪِ ﻗُﺤِﻂَ ﺃَﻫْﻞُ ﺍﻟْﻤَﺪِﻳْﻨَﺔِ ﻗَﺤْﻄﺎً ﺷَﺪِﻳْﺪﺍً، ﻓَﺸَﻜَﻮْﺍ ﺇِﻟَﻰ ﻋَﺎﺋِﺸَﺔَ ﻓَﻘَﺎﻟَﺖْ ﺍﻧْﻈُﺮُﻭْﺍ ﻗَﺒْﺮَ ﺍﻟﻨَّﺒِﻰِّ ﺻﻠﻰﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻓَﺎﺟْﻌَﻠُﻮْﺍ ﻣِﻨْﻪُ ﻛِﻮًﻯ ﺇِﻟَﻰ ﺍﻟﺴَّﻤَﺎﺀِ ﺣَﺘَّﻰ ﻟَﺎ ﻳَﻜُﻮْﻥَ ﺑَﻴْﻨَﻪُ ﻭَﺑَﻴْﻦَ ﺍﻟﺴَّﻤَﺎﺀِ ﺳَﻘْﻒٌ . ﻗَﺎﻝَﻓَﻔَﻌَﻠُﻮْﺍ ﻓَﻤُﻄِﺮْﻧَﺎ ﻣَﻄَﺮﺍً ﺣَﺘَّﻰ ﻧَﺒَﺖَ ﺍﻟْﻌُﺸْﺐُ ﻭَﺳَﻤِﻨَﺖِ ﺍﻟْﺈِﺑِﻞُ ﺣَﺘَّﻰ ﺗَﻔَﺘَّﻘَﺖْ ﻣِﻦَ ﺍﻟﺸَّﺤْﻢِ ﻓَﺴُﻤِّﻰَ ﻋَﺎﻡَ
ﺍﻟْﻔَﺘْﻖِ ‏)ﺭﻭﺍﻩ ﺍﻟﺪﺍﺭﻣﻲ
“Dari Aus bin Abdullah: “Suatu hari kota Madinah mengalami kemarau panjang, lalu datanglah penduduk Madinah ke Aisyah (janda Rasulullah saw) mengadu tentang kesulitan tersebut, lalu Aisyah berkata:
“Lihatlah kubur Nabi Muhammad e lalu bukalah sehingga tidak ada lagi atap yang menutupinya dan langit terlihat langsung”, lantas mereka pun melakukan itu kemudian turunlah hujan
lebat sehingga rumput-rumput tumbuh dan onta pun gemuk, maka disebutlah itu tahun gemuk”. (HR. Imam Darimi)
Dalil 3.
Al-Imam al-Syafi’i,Al-Imam Abu Abdillah Muhammad bin Idris al-Syafi’i(150-204 H/767-819 M), mujtahid besar, pakar hadits dan
pendiri madzhab Syafi’i yang diikuti oleh mayoritas kaum Muslimin di dunia, juga mengakui bolehnya ber-tabaruk dengan para nabi dan wali sesudah meninggal. Hal ini
dapat dilihat dengan memperhatikan pernyataan beliau berikut ini:
ﻋَﻦْ ﻋَﻠِﻲ ﺑْﻦِ ﻣَﻴْﻤُﻮْﻥٍ ﻗَﺎﻝَ: ﺳَﻤِﻌْﺖُ ﺍﻟﺸَّﺎﻓِﻌِﻲَّ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ ﻳَﻘُﻮْﻝُ: ﺇِﻧِّﻲْ َﻷَﺗَﺒَﺮَّﻙُ ﺑِﺄَﺑِﻲْ ﺣَﻨِﻴْﻔَﺔَﻭَﺃَﺟِﻲْﺀُ ﺇِﻟَﻰ ﻗَﺒْﺮِﻩِ ﻛُﻞَّ ﻳَﻮْﻡٍ ﻳَﻌْﻨِﻲْ ﺯَﺍﺋِﺮًﺍ، ﻓَﺈِﺫَﺍ ﻋَﺮَﺿَﺖْ ﻟِﻲْ ﺣَﺎﺟَﺔٌ ﺻَﻠَّﻴْﺖُ ﺭَﻛْﻌَﺘَﻴْﻦِ ﻭَﺃَﺗَﻴْﺖُ ﺇِﻟَﻰﻗَﺒْﺮِﻩِ ﻭَﺳَﺄَﻟْﺖُ ﺍﻟﻠﻪَ ﺍﻟْﺤَﺎﺟَﺔَ ﻋِﻨْﺪَﻩُ ﻓَﻤَﺎ ﺗَﺒْﻌُﺪُ ﻋَﻨِّﻲْ ﺣَﺘَّﻰ ﺗُﻘْﻀَﻰ. ﺭﻭﺍﻩ ﺍﻟﺤﺎﻓﻆ ﺍﻟﺨﻄﻴﺐ ﺍﻟﺒﻐﺪﺍﺩﻱﻓﻲ ﺗﺎﺭﻳﺦ ﺑﻐﺪﺍﺩ ‏( 1/123 ‏) ﺑﺴﻨﺪ ﺻﺤﻴﺢ .
“Dari Ali bin Maimun, berkata: “Aku mendengar al-Syafi’i radhiyallahu ‘anhu berkata: “Aku selalu bertabarruk dengan Abu Hanifah dan mendatangi makamnya dengan berziarah setiap hari. Apabila aku mempunyai hajat, maka aku menunaikan shalat dua rekaat, lalu aku datangi makam beliau dan aku memohon hajat itu kepada Allah di sisi makamnya, sehingga tidak lama kemudian hajatku segera terkabul”.
PERTANYAAN :
Adakah riwayat sahabat pr imam mazhab .ahli hadis.Ahli tafsir sampai skrg yg mensyirikkan selain wahabi?
Ulama wahabi tak bisa jawab sampai saat ini selain cuma bisa berasumsi dan langsung menuduh bahwa :
“meminta pertolongan pada orang yg mati hukummya syirik”
Padahal tdk ada satupun riwayat menjelaskan MEMINTA PADA YG MATI.
Yang ada Wasilah (lantaran) saja tetapi tetap memohon pada Allah.
Saya tdk pernah melihat ada orang yang berkata ” Wahai penghuni kubur,saya meminta rezeki, jodoh dan kemuliaan padamu”
Yang ada cuma ORANG AWAM TERTENTU , tdk paham agama,tdk pernah ngaji, kesulitan ekonomi dan akhirnya SESAT dan mulai nekat bertapa di kuburan,sesajen.puasa ngk ada aturan, komat kamit baca mantera dukun yg bahasanya nggak jelas.
ITU BARU SYIRIK !
Jadi SALAH BESAR jk wahabi mengatakan dan menuduh orang yg ziarah selalu di katakan meminta ke kuburan.
Ulama,ustadz,asatidz org org alim ziarah kemakam nabi,wali,keluarganya bukan krn MELARAT Atau kesulitan hidup tetapi lebih kepada INGAT MATI dan berdoa untuk ahli kubur dan wasilah saja.
Bangsa wahabi ini agaknya memang di takdirkan jd gerombolan ahlul fitnah tanduk syetan,mencari cari kesalahan umat tetapi ia lupa dirinya TDK SEMPURNA dan belum tentu ahli surga.
Beberapa contoh dalil diatas juga sunnah.lantas pertanyaanya :
YANG MANA WAHABI SESUAI SUNNAH DAN QURAN berdasarkan pemahaman salafus sholeh ?
TAWASUL MENURUT IBNU TAYMIYAH DAN MUHAMMAD BIN ABDUL WAHAB
Tawassul itu adalah salah satu
metode dalam berdoa dari sekian cara dalam berdo’a kepada Allah Subhanahu Wa Ta’aala. Sedang yang diminta dan diharapkan dapat
mengabulkan do’a tiada lain adalah Allah .
Obyek yang dijadikan wasilah
(perantara) hanya berperan sebagai mediator untuk mendekatkan diri kepada Allah . Siapapun yang meyakini
di luar batasan ini berarti ia telah musyrik.
Orang yang bertawassul tidak
boleh meyakini bahwa media yang dijadikan untuk bertawassul kepada Allah itu bisa memberi manfaat dan derita dengan sendirinya
(independent) sebagaimana Allah,atau tanpa izin-Nya. Dan barangsiapa yang meyakini demikian niscaya ia musyrik.
Tawassul bukanlah suatu
keharusan, dan terkabulnya do’a tidaklah harus dengan cara tawasul .Tawasul bukanlah ibadah wajib tapi juga bukan dilarang.
kunci utamanya adalah pertama Niat. Kita tidak boleh berniat diluar konteks Islam dimana perantara (wasilah) dianggap paling hebat. menganggap obyek perantara sebagai sumber pertolongan yang utama.
kedua Doa.kita di anjurkan berdoa dgn memfokus meminta pada Allah dimana wasilah hanya jalan mempetcepat terkabulnya doa kepada Allah.
Jadi. dalam metode tawasul, tetaplah Allah sebagai tempat meminta pertolongan bukan obyek perantaranya.
Sekte wahabi barangkali tidak pernah meneliti Quran atau mungkin teralalu malas membaca quran sehingga mereka dgn mudah berkata tawassul itu syirik dan berkata “hanya Allah tempat meminta”
sungguh itu kalimat yang benar dgn pemahaman yang keliru.
Perhatikan lagi dalil dalil sebagai berikut :
Pertama : Firman Allah dalam al qur’an :
ﻳَﺎ ﺃَﻳُّﻬَﺎ ﺍﻟَّﺬِﻳﻦَ ﺁَﻣَﻨُﻮﺍ ﺍﺗَّﻘُﻮﺍ ﺍﻟﻠﻪَ ﻭَﺍﺑْﺘَﻐُﻮﺍ ﺇِﻟَﻴْﻪِ ﺍﻟْﻮَﺳِﻴﻠَﺔَ
ﻭَﺟَﺎﻫِﺪُﻭﺍ ﻓِﻲ ﺳَﺒِﻴﻠِﻪِ ﻟَﻌَﻠَّﻜُﻢْ ﺗُﻔْﻠِﺤُﻮﻥَ
“ Hai orang-orang yang beriman,bertakwalah kepada Allah dan carilah sebuah perantara untuk menuju kepada Alloh, dan berjihadlah pada jalan-Nya, supaya kamu mendapat keberuntungan .” (QS. Al Maidah : 35)
Dalam ayat diatas Allah
memerintahkan untuk mencari
wasilah (perantara) dalam
mendekatkan diri kepada Allah,baik perantara tersebut berupa amal sholih, atau orang-orang yang dicintai Allah .
Kedua : Firman Allah dalam alqur’an :
ﻭَﻟِﻠَّﻪِ ﺍﻟْﺄَﺳْﻤَﺎﺀُ ﺍﻟْﺤُﺴْﻨَﻰ ﻓَﺎﺩْﻋُﻮﻩُ ﺑِﻬَﺎ
Dan Alloh memiliki Asmaaul Husna(nama-nama yang terbaik),maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut Asmaaul Husna. (QS, Al A’roof : 180)
Dalam ayat diatas Allah mengajarkan kepada kita untuk menjadikan Asmaa’ul Husna sebagai penghantar ( wasilah) do’a kita. Dan tentunya masih banyak ayat-ayat lain yang mengindikasikan diperkenankannya tawasul dalam berdo’a.
Ketiga : Firman Allah dalam al qur’an :
ﻭَﺍﺳْﺘَﻌِﻴﻨُﻮﺍ ﺑِﺎﻟﺼَّﺒْﺮِ ﻭَﺍﻟﺼَّﻠَﺎﺓِ ﻭَﺇِﻧَّﻬَﺎ ﻟَﻜَﺒِﻴﺮَﺓٌ ﺇِﻟَّﺎ ﻋَﻠَﻰ
ﺍﻟْﺨَﺎﺷِﻌِﻴﻦَ
Dan mohonlah pertolongan (kepada Allah ) dengan sabar dan sholat.Dan sesungguhnya (sholat) itu berat,kecuali bagi orang-orang yang khusyu’ . (QS, Al Baqoroh : 45)
Dalam ayat diatas Allah mengajarkan kepada kita untuk menjadikan sholat dan sabar sebagai penghantar (wasilah) do’a agar terkabul keinginan kita. Sebagian ahli tafsir menjelaskan tentang Sabar yang dimaksud dalam ayat tersebut adalah berpuasa ( tirakat ). Ayat tersebut menunjukkan anjuran untuk bertawassul dengan perantara amal sholih.
Keempat : Firman Allah dalam al qur’an :
ﻭَﻟَﻤَّﺎ ﺟَﺎﺀَﻫُﻢْ ﻛِﺘَﺎﺏٌ ﻣِﻦْ ﻋِﻨْﺪِ ﺍﻟﻠﻪِ ﻣُﺼَﺪِّﻕٌ ﻟِﻤَﺎ ﻣَﻌَﻬُﻢْ
ﻭَﻛَﺎﻧُﻮﺍ ﻣِﻦْ ﻗَﺒْﻞُ ﻳَﺴْﺘَﻔْﺘِﺤُﻮﻥَ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟَّﺬِﻳﻦَ ﻛَﻔَﺮُﻭﺍ ﻓَﻠَﻤَّﺎ
ﺟَﺎﺀَﻫُﻢْ ﻣَﺎ ﻋَﺮَﻓُﻮﺍ ﻛَﻔَﺮُﻭﺍ ﺑِﻪِ ﻓَﻠَﻌْﻨَﺔُ ﺍﻟﻠﻪِ ﻋَﻠَﻰ
ﺍﻟْﻜَﺎﻓِﺮِﻳﻦَ
Dan setelah datang kepada mereka Al Qur’an dari Allah yang membenarkan apa yang ada pada mereka, Padahal sebelumnya mereka biasa memohon kemenangan atas
orang-orang kafir, Maka setelah
datang kepada mereka apa yang telah mereka ketahui, mereka lalu ingkar kepadanya. Maka la’nat Allah-lah atas orang-orang yang ingkar itu. (QS, Al Baqoroh : 89)
.
Al Hafidh ‘Imaduddin Ibnu Katsir menjelaskan dalam tafsirnya :
.
} ﻭَﻛَﺎﻧُﻮﺍ ﻣِﻦْ ﻗَﺒْﻞُ ﻳَﺴْﺘَﻔْﺘِﺤُﻮﻥَ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟَّﺬِﻳﻦَ ﻛَﻔَﺮُﻭﺍ {
ﺃﻱ: ﻭَﻗَﺪْ ﻛَﺎﻧُﻮْﺍ ﻣِﻦْ ﻗَﺒْﻞِ ﻣَﺠِﻲْﺀِ ﻫَﺬَﺍ ﺍﻟﺮَّﺳُﻮْﻝِ ﺑِﻬَﺬَﺍ
ﺍﻟْﻜِﺘَﺎﺏِ ﻳَﺴْﺘَﻨْﺼِﺮُﻭْﻥَ ﺑِﻤَﺠِﻴْﺌِﻪِ ﻋَﻠَﻰ ﺃَﻋْﺪَﺍﺋِﻬِﻢْ ﻣِﻦَ
ﺍﻟْﻤُﺸْﺮِﻛِﻴْﻦَ ﺇِﺫَﺍ ﻗَﺎﺗَﻠُﻮْﻫُﻢ
.
firrman Allah :
(Padahal sebelumnya mereka biasa memohon kemenangan atas orang-orang kafir) yakni,(orang-orang Yahudi) sebelum datangnya Rosululloh shollallohu ‘alaihi wasallam dengan membawa al qur’an- mereka memohon pertolongan dengan datangnya Nabi atas musuh-musuh mereka dari kalangan orang-orang musyrik ketika orang-orang Yahudi berperang dengan mereka.
.
Kelima :Telah di uraikan diatas.dalil 1. Firman Allah dalam al
qur’an :
.
ﻭَﻟَﻮْ ﺃَﻧَّﻬُﻢْ ﺇِﺫ ﻇَّﻠَﻤُﻮﺍْ ﺃَﻧﻔُﺴَﻬُﻢْ ﺟَﺂﺅُﻭﻙَ ﻓَﺎﺳْﺘَﻐْﻔَﺮُﻭﺍْ ﺍﻟﻠﻪَ
ﻭَﺍﺳْﺘَﻐْﻔَﺮَ ﻟَﻬُﻢُ ﺍﻟﺮَّﺳُﻮﻝُ ﻟَﻮَﺟَﺪُﻭﺍ ﺍﻟﻠﻪَ ﺗَﻮَّﺍﺑﺎً ﺭَّﺣِﻴﻤﺎً“
.
Sesungguhnya jikalau mereka
ketika menganiaya dirinya, datang kepadamu, lalu memohon ampun kepada Allah, dan Rosulpun memohonkan ampun untuk mereka,tentulah mereka mendapati Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.” (QS, An Nisaa : 64)
.
Al Imam Al Hafidh Ibnu Katsir
ketika menjelaskan firman Allah
diatas, berkata :
.
ﻳُﺮْﺷِﺪُ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ ﺍَﻟْﻌُﺼَﺎﺓَ ﻭَﺍﻟْﻤُﺬْﻧِﺒِﻴْﻦَ ﺇِﺫَﺍ ﻭَﻗَﻊَ ﻣِﻨْﻬُﻢُ
ﺍﻟْﺨَﻄَﺄُ ﻭَﺍﻟْﻌِﺼْﻴَﺎﻥُ ﺃَﻥْ ﻳَﺄْﺗُﻮﺍ ﺇِﻟَﻰ ﺍﻟﺮَّﺳُﻮْﻝِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ
ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻓَﻴَﺴْﺘَﻐْﻔِﺮُﻭﺍ ﺍﻟﻠﻪَ ﻋِﻨْﺪَﻩُ، ﻭَﻳَﺴْﺄَﻟُﻮْﻩُ ﺃَﻥْ
ﻳَﺴْﺘَﻐْﻔِﺮَ ﻟَﻬُﻢْ، ﻓَﺈِﻧَّﻬُﻢْ ﺇِﺫَﺍ ﻓَﻌَﻠُﻮْﺍ ﺫَﻟِﻚَ ﺗَﺎﺏَ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻬِﻢْ
ﻭَﺭَﺣِﻤَﻬُﻢْ ﻭَﻏَﻔَﺮَ ﻟَﻬُﻢْ، ﻭَﻟِﻬَﺬَﺍ ﻗَﺎﻝَ : } ﻟَﻮَﺟَﺪُﻭﺍ ﺍﻟﻠَّﻪَ
ﺗَﻮَّﺍﺑًﺎ ﺭَﺣِﻴﻤًﺎ {
.
Alloh –subhaanahu wata’ala-
memberi petunjuk kepada orang-orang ahli maksiat dan orang-orang yang berdosa, jika mereka jatuh dalam kesalahan dan kedurhakaan hendaknya mereka datang menemui Rosululloh –shollallohu ‘alaihi wasallam- kemudian mereka memohon ampun kepada Allah disisi Nabi dan meminta agar Nabi memohonkan ampun untuk mereka.Jika mereka melakukan hal itu niscaya Allah menerima taubat mereka, merahmati mereka, serta meng-ampuni mereka. Olahkarenanya Allah berfirman : (tentulah mereka mendapati Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang)
.
Keenam : Firman Allah dalam al
qur’an :
.
ﺃُﻭﻟَﺌِﻚَ ﺍﻟَّﺬِﻳﻦَ ﻳَﺪْﻋُﻮﻥَ ﻳَﺒْﺘَﻐُﻮﻥَ ﺇِﻟَﻰ ﺭَﺑِّﻬِﻢُ ﺍﻟْﻮَﺳِﻴﻠَﺔَ ﺃَﻳُّﻬُﻢْ
ﺃَﻗْﺮَﺏُ ﻭَﻳَﺮْﺟُﻮﻥَ ﺭَﺣْﻤَﺘَﻪُ ﻭَﻳَﺨَﺎﻓُﻮﻥَ ﻋَﺬَﺍﺑَﻪُ ﺇِﻥَّ ﻋَﺬَﺍﺏَ ﺭَﺑِّﻚَ
ﻛَﺎﻥَ ﻣَﺤْﺬُﻭﺭًﺍ
.
“ orang-orang yang mereka seru itu,mereka sendiri mencari jalan kepada Tuhan mereka siapa diantara mereka yang lebih dekat (kepada Allah).
Mereka mengharapkan rahmat-Nya dan takut akan adzab-Nya. Sungguh,adzab Tuhanmu itu sesuatu yang (harus) ditakuti.” (QS, Al Isro’ : 57)
.
} ﺃَﻳُّﻬُﻢْ ﺃَﻗْﺮَﺏُ { ﻣَﻌْﻨَﺎﻩُ ، ﻳَﻨْﻈُﺮُﻭْﻥَ ﺃَﻳُّﻬُﻢْ ﺃَﻗْﺮَﺏُ ﺇِﻟَﻰ
ﺍﻟﻠﻪِ ﻓَﻴَﺘَﻮَﺳَّﻠُﻮْﻥَ ﺑِﻪِ
.
Firman Allah { Siapa diantara
mereka yang lebih dekat kepada Allah } maksudnya adalah ; mereka memperhatikan (mencari) siapa yang paling dekat kepada Allah,
kemudian mereka berwasilah
dengannya. (Tafsir Al Khozin)
.
Orang beragama Islam krn meyaikini Allah,org beragama islam lebih percaya pertolongan Allah ketimbang minta tolong berhala,tuhan yesus,pohon tua,kuburan,rumah tua,dll..
.
tentu bukan Islam jika ada orang meminta selain Allah..bukankah demikian ??
.
Orang islam pasti hanya Allah yang ia yakini.akan tetapi dlm pelaksanaannya kita membutuhkan alat,media sebagai perantaranya baik benda mati maupun benda hidup.
.
Contoh mudah, kita setiap saat sholat berdoa dan naik haji hanya untuk memohon ridho Allah.lantas mengapa harus menghadap kabah sedangkan kabah hanyalah benda mati ?
.
tentu org kristen akan bilang ” lihat tuh orang islam nyembah batu,tuhannya dalam batu.itu jelas org islam tak berakal batu kok disembah”
.
Nah bagaimana kita menjelaskannya terhadap umat kristen tolol itu ??
.
Pola pikir wahabi juga tidak jauh beda dgn akal kristen..kekuburan dibilang nyembah kuburan..dan mulai laku ala kristen mencap orang kuburiyun..krn menilai cuma melihat kulit luar padahal pandangan mata tdk hrs selalu benar.
.
kebanyakan wahabi mengatakan tawasul itu bid`ah dan syirik. lantas apakah Allah itu pelaku bidah dan syirik mengajurkan hambaNya tawassul ?? memang Allah syirik kepada siapa ??
.
Jika wahabi berfikir serampangan macam umat kristen,maka tanpa disadari wahabi justru sedang menghina Allah melarang orang tawassul sementara Allah tidak melarang.bukankah kunci beramal ibadah itu tergantung apa yang dia niatkan ?
.
Tidak dipungkiri memang ada segelintir orang yang salah dlm memahami hakekat tawassul akibat kurang memahami agamanya.himpitan ekonomi kadang buat orang salah jalan sehingga menjadikan tempat,media wasilahnya sebagai tempat paling baik untuk meminta,dan tentu saja ini memang syirik krn tdk meniatkannya kepada Allah.
.
Dan Wahabi membuat statement tuduhan dan fitnah jika menganggap semua orang berbuat demikian.Seorang ahli ulama,umat islam yang mengerti hukum islam tentu berbeda dlm menjalankan wasillah dan mereka tahu batasan batasan yang tidak boleh dilanggar.
.
Harusnya tuduhan wahabi mestinya ditujukan pada orang yang memang tdk beres memahami agamanya bukan ditujukan pada semua umat muslim selain mereka.jadi pernyataanya harus jelas bukan asal berkata syirik.
.
SIKAP IBNU TAIMYAH DAN PENDIRI WAHABI
.
Syekh Ibnu Taimiyah ulama besar rujukan wahabi dalam
sebagian kitabnya memperbolehkan tawassul kepada Nabi Muhammad SAW tanpa membedakan apakah Beliau masih hidup atau sudah meninggal. Beliau berkata : “Dengan demikian, diperbolehkan tawassul kepada Nabi Muhammad SAW dalam doa, sebagaimana dalam hadis
yang diriwayatkan oleh Imam Turmudzi:
.
ﺃﻥ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﻋﻠﻢ ﺷﺨﺼﺎ ﺃﻥ ﻳﻘﻮﻝ : ﺍﻟﻠﻬﻢ ﺇﻧﻰ ﺃﺳﺄﻟﻚ ﻭﺃﺗﻮﺳﻞ ﺇﻟﻴﻚ ﺑﻨﺒﻴﻚ ﻣﺤﻤﺪ ﻧﺒﻲ ﺍﻟﺮﺣﻤﺔ
ﻳﺎ ﻣﺤﻤﺪ ﺇﻧﻰ ﺃﺗﻮﺟﻪ ﺑﻚ ﺇﻟﻰ ﺭﺑﻚ ﻓﻴﺠﻠﻰ ﺣﺎﺟﺘﻰ ﻟﻴﻘﻀﻴﻬﺎ ﻓﺸﻔﻌﻪ ﻓﻲّ ( ﺃﺧﺮﺟﻪ ﺍﻟﺘﺮﻣﻴﺬﻯ
ﻭﺻﺤﺤﻪ ).
.
Rasulullah s.a.w. Mengajari seseorang berdoa: (artinya)
“Ya Allah sesungguhnya aku meminta kepada-Mu dan
bertwassul kepada-MU melalui Nabi-Mu Muhammad yang
penuh kasih, wahai Muhammad sesungguhnya aku bertawassul denganmu kepada Allah agar dimudahkan kebutuhanku maka berilah aku sya’faat”. Tawassul seperti ini adalah bagus (fatawa Ibnu Taimiyah jilid 3 halaman
276)
.
kebanyakan wahabi mengatakan tawasul itu bid`ah dan syirik. Padahal……..
.
Muhammad bin abdul wahab si rajanya Wahabi. Dalam surat yang ia kirimkan kepada WARGA QUSHIM,ada yang
menjelaskan isi suratnya bahwa dia menghukumi kafir
terhadap orang yang bertawassul kepada orang-orang sholeh., dan menghukumi kafir terhadap Al-Bushoiri atas
perkataannya “YA AKROMAL KHOLQI” dan membakar
Dalailul Khoirot.
.
Nah Rupanya Muhammad bin abdul wahab ternyata
membantah menulis surat demkian.Dia mengatakan :
.
“Maha suci Engkau, ini adalah kebohongan besar.” Dia
menjelaskan bahwa tawassul adalah sesuatu yang makruh
menurut jumhur ulama’ dan tidak sampai menuju pada
tingkatan haram ataupun bid’ah bahkan musyrik Dan ini
diperkuat dengan suratnya yang lain yang dikirimkan
kepada WARGA MAJMA’AH ( surat pertama dan kelima
belas dari kumpulan surat-surat syekh Abdul Wahab hal
12 dan 64, atau kumpulan fatwa syekh Abdul Wahab yang
diterbitkan oleh Universitas Muhammad Bin Suud Riyad
bagian ketiga hal 68.
.
PLIN-PLAN PENDIRI WAHABI
Jika uraian diatas ia mengatakan makruh tapi Dalam kitab “Kasyfus Syubuhaat” ia menyatakan uraian berbeda seratus depan puluh derajat !!:
dalam kitab ini ia menjelaskan begini “Jika ada sebagian
orang musyrik (muslim non-Wahabi .red) mengatakan
kepadamu; ‘Ingatlah, Sesungguhnya wali-wali Allah itu,tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula)mereka bersedih hati’ (QS Yunus: 62), atau mengatakan
bahwa syafa’at adalah benar, atau mengatakan bahwa
para nabi memiliki kedudukan di sisi Allah, atau mengungkapkan perkataan Nabi untuk berargumen
menetapkan kebatil annya (seperti Syafa’at, Tawassul/
Istighatsah, Tabarruk…dst. Red) sedang kalian tidak memahaminya (tidak bisa menjawabnya) maka katakanlah: ‘Sesungguhnya Allah dalam al-Qur’an
menjelaskan bahwa orang-orang yang menyimpang
adalah orang yang meninggalkan ayat-ayat yang jelas (muhkam) dan mengikuti yang samar (mutasyabih) ‘ ”.
(Kitab Kasyfus Syubuhaat halaman 60).
Disini jelas sekali bahwa Muhammad bin Abdul Wahhab PLIN PLAN. dlm dokumen resmi ia mengatakan makruh tapi disisi lain la menyatakan ‘sesat’ (bahkan menuduh musyrik) orang-orang yang meyakini adanya syafa’at, kedudukan tinggi para nabi disisi Allah swt. Sehingga dimintai istighatsah /tawassul dst.nya.
Bahkan disini, Muhammad bin Abdul Wahhab mengajarkan kepada para pengikutnya ‘cara melarikan diri’dari diskusi tentang doktrin dan sektenya dengan kelompok lain dengan cara melarikannya kepada
pembagiantasyabbuh (yang samar) dan muhkam (yang
jelas) ayat-ayat al-Qur’an. Termasuk cara mengajak para
pengkritis ajaran Wahabisme untuk bertobat tanpa terbukti
kesalahannya.
Ternyata, akhirnya cara-cara licik ini pun yang sering dipakai banyak para pengikut sekte Wahabi ketika terdesak dalam berargumentasi ketika membela
keyakinan wahabismenya, bahkan menjadi kebiasaan
buruk mayoritas para pengikut sekte tersebut.
Lihatlah,pendiri wahabi sendiri kacau pemahaman,lantas apakah bisa jadi panutan lebih lebih mengajarkan menipu dgn tehnik menghindar ??
pendiri wahabi ini justru lebih parah dari seorang rawi hadits yang kadang hanya salah bacaan tapi tak mengubah maksud. saya mau katakan bahwa pendiri wahabi ini jika seandainya ia rawi..maka tergolong rawi munkar.
.
KESIMPULANYA :
Tawasul dan tabaruk itu sunnah,boleh bukan syirik jika di lakukan dgn kaidah yg benar !
Jangan semudah mulut tidak berbobot teriak teriak bidah dan syirik tanpa dalil dan hujah yang jelas .Semua harus di cermati dulu kalau khawatir jadi kaum AHLUL FITNAH.
Intaha



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *